06 April 2011

PANDUAN SINGKAT EASY WORSHIP 2009

EW 2009 adalah aplikasi presentase yang dirancang khusus oleh perancang dan dikhususkan untuk Gereja. EW 2009 bukanlah PwPnt sekalipun sama-sama aplikasi presentase. Perbedaan antara keduanya sangat jelas. pwPnt tidak dapat mempresentasekan presentase dengan background live video, video yang telah ada dll. Biasanya aplikasi EW dijalankan dengan sebuah laptop atau PC yang mendukung Primary dan Secondary monitor. Menjalankannya dengan primary monitor dan menampilkannya dengan secondary monitor. Bagaimana cara mengatur monitor? Tanyakan pada pengajar anda.

A.MEMULAI EW 2009
Instal dulu program EW 2009 ke komputer/laptop. Ikutin semua prosesnya, dan program ini adalah program berbayar dan tidak gratis. Anda hanya memiliki waktu 30 hari (trial version) untuk mengaktifkannya anda harus terhubung ke internet dan mengunjungi wesite EW. Namun anda akan dikenakan biaya yang tidak murah (cukup mahal) ratusan ribu. Di sini kita tidak berbicara tentang harganya, tanyakan saja pada pengajar anda bagaimana cara mendapat versi fullnya.

Cara pertama untuk menjalankan EW 2009 adalah dengan double klik icon Ew2009.
Cara kedua: Start > All Program > Easy Worship > Easy Worship 2009



 







Tampilan EW2009 setelah dibuka: terlebih dahulu kita mengenal menu-menu yang terdapat di dalam EW2009 seperti gambar di bawah ini: 
    Keterangan:
  1. Title Bar: baris judul dari presentase EW yang telah dipersiapkan
  2. Menu bar: menu-menu yang memuat “new presentase, open presentase, save, file, schedule dan pengaturan-pengaturan lainnya.
  3. Schedule: daftar baris file presentase yang telah disatukan menjadi sebuah file dan akan ditampilkan.
  4. Songs, Scriptures, Media dan Online: adalah daftar lagu-lagu, Alkitab dan anda dapat menambahkan video maupun secara online ke internet.
  5. Songs Title: menampilkan judul lagu yang akan dipresentasekan
  6. Songs list: daftar lagu-lagu yang ada
  7. Song search: untuk mencari file lagu yang diinginkan secara cepat dengan mengetik judul lagu dan langsung dengan cepat menemukan lagu yang diinginkan.
  8. Tombol background: dalam menu ini anda dapat mengatur dan menambahkan background sesuai dengan yang diinginkan, berupa gambar dan video bahkan live kamera.
  9. Tombol Go Live: untuk menampilakan presentase yang dianggap telah siap.
  10. Songs/media preview: berfungsi untuk mem-preview atau pra-tayang presentase yang hendak ditampilkan.
  11. Alerts:  dengan menu ini anda dapat menambahkan teks berjalan pada presentase.
  12. Logo: bila sebuah Gereja memiliki logo, maka dapat diatur bagian ini menjadi logo gereja atau organisasi user.
  13. Black: untuk membuat black screen (layar hitam) biasanya untuk menghemat pemakaian LCD.
  14. Clear: untuk clear screen, presentase lagu dan scriptures dapat dinonaktifkan sementara background masih tetap dijalankan.
  15. Live: tombol untuk mengkatifkan presentase.  Ketika di live, presentase akan ditampilkan, ketika no live maka wallpaper laptop/pc yang akan ditampilkan.
  16. Live preview: di sini kita dapat memastikan bahwa presentase yang ditampilkan sama dengan di kolom live preview.
                           B.MEMULAI SEBUAH PRESENTASE EW.
Dalam EW sudah ada file standar dalam bahasa Inggris, baik itu lagu, scriptures dan background.
Cari lagu dari presentase yang ada.
      C. MENAMBAHKAN SONG KE DAFTAR SONGS.
Klik menu Songs > New Songs dan kotak dialog New songs akan ditampilkan seperti gambar di bawah ini:
 selanjutnya akan ditampilkan kotak dialog "New Songs" seperti pada tampilan di bawah ini:
Untuk menambahkan lagu pada EW2009 adalah dengan meng-klik di menu Songs > New Songs dan kotak dialog New Songs akan ditampilkan seperti pada gambar di atas.
Perhatikan cara menambah lagu di bawah ini:  terlebih dahulu masukkan judul lagu pada kolom title, lihat keterangan gambar di atas.  Pada kolom Songs editor silahkan ketikkan lagu anda dengan mengetik “verse” tanpa tanda petik yang artinya ayat-ayat lagu.  Jika telah mengetik verse, maka dengan sendirinya kata verse akan terblok menjadi biru.  Tekan Enter untuk menambahkan lagu ke bagian bawah.  Jika “verse” sudah selesai, anda tentu akan melanjutkan ke reefrain lagu.  Di sini disebut dengan “Chorus” tanpa tanda petik.  Ketikkan Chorus dan dengan sendirinya kata chorus akan terblok dengan warna merah.  Tekan Enter dan mulailah mengetik lagu kembali.
Anda dapat memformat lagu anda dengan format font, sama seperti di Ms.Word, mengganti type font, ukuran font, warna font dan background sesuai dengan keinginan anda.  Setelah data lagu yang baru anda ketik dianggap telah pas, akhiri dengan menekan tombol OK.  Untuk membatalkan tekan Cancel.  Lagu tersebut telah tersimpan secara otomatis ke dalam daftar lagu.  Anda dapat mencari lagunya kembali dengan mengetikkan judul lagunya.  Lihat gambar di bawah ini:
  Untuk menampilkannya dipresentase, tekan tombol “Go live” seperti pada gambar di bawah ini:
Klik “Black” untuk Black screen dan “Clear” untuk membersihkan presentase.  Yang terlihat hanya background dalam modus ini.  Lihat gambar:
anda juga dapat mendownload versi PDF-nya di sini Nah…untuk sementara itu dulu ya…beberapa hari lagi akan saya sambung.  OK
Jangan lupa, Comment-nya.
Oleh:  Herry Kiswanto
 

3 komentar:

  1. Gan, versi PDF-nya kok gak bisa di klik?

    BalasHapus
  2. Herry Kiswanto1 Februari 2013 00.41

    maaf gan, ziddu.com udah menghapus semua file nya. tar saya kirim link baru yach.

    BalasHapus
  3. klo background nya menggunakan file video dgn extension: .mp4 bisa mas..??

    BalasHapus

Katakan sesuatu tentang ini: